Minggu, 26 Mei 2013

7 tempat wisata murah di pekanbaru

asalamualaikum Wr.Wb...
semoga semuanya dalam lindungan allah SWT ...oke,yang baru datang ke pekan baru,selamat datang di pekanbaru,selamat menikmati pemandangan di kota pekanbaru ,bagi yang sudah bekerja seharian atau yang lagi liburan,  berikut ini saya ada  sedikit informasi tentang tempat wisata yang ada di pekanbaru.. :

1.Wisata Kolam Pancing Alam Mayang


 

jika  anda ingin menikmati hembusan udara segar , pemandangan hijau yang menyejukkan mata dan beragam permainan yang menyehatkan jiwa dan raga cobalah untuk berkunjung ke tempat wisata alam di pekanbaru yang bernama “Alam Mayang”, taman hiburan yang luas dan berkonsep ruang terbuka hijau ini pasti akan menyegarkan pikiran anda yang selama ini disibukkan oleh rutinitas sehari – hari.
Satu-satunya wisata alam di tengah kota, tersedia tempat untuk memancing.
Taman rekreasi masyarakat kota Pekanbaru, tempat memancing, outbound serta merupakan tempat bersantai bersama keluarga. Alam Mayang juga selalu dijadikan tempat melakukan acara outdoor, pengunjungnya juga datang dari luar daerah,
engan luas lebih kurang 24 Hekter Taman hiburan Alam Mayang Pekanbaru menyediakan beragam sarana untuk mengusir stress seperti kolam pancing, danau dengan sepeda air, Banana boat, safary train, flying fox, trek sepeda, mandi bola, bombom car, topeng monyet, beragam atraksi dan banyak lagi. Tidak hanya itu sejak 4 tahun terakhir juga ada perayaan tahun baru di alam mayang.
Suasana yang asri dipenuhi dengan banyak pepohonan tentunya membuat anda tetap merasa sejuk meski bermain dibawah teriknya matahari, tentunya tempat rekreasi  yang berlokasi di Jl. Imam Munandar (harapan raya) ini akan sangat cocok dinikmati bersama keluarga dan para sahabat. Anda tertarik berkunjung ?

 2. Wisata Pacu Jalur Kuantan Singingi







Pada awalnya pacu jalur diselenggarakan di kampung-kampung di sepanjang Sungai Kuantan untuk memperingati hari besar Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, atau Tahun Baru 1 Muharam. Ketika itu setiap perlombaan tidak selalu diikuti dengan pemberian hadiah. Artinya, ada kampung yang menyediakan hadiah dan ada yang tidak menyediakannya. Lomba yang tidak menyediakan hadiah diakhiri dengan acara makan bersama. Adapun jenis makanannya adalah makanan tradisional setempat, seperti: konji, godok, lopek, paniaran, lida kambing, dan buah golek. Sedangkan, lomba yang berhadiah, penyelenggara mesti menyediakan empat buah marewa2 yang ukurannya berbeda-beda. Juara I memperoleh ukuran yang besar dan juara IV memperoleh ukuran yang paling kecil. Namun, dewasa ini hadiah tidak lagi berupa marewa tetapi berupa hewan ternak (sapi, kerbau, atau kambing).
Pacu jalur biasanya dilakukan di Sungai Batang Kuantan. Sebagaimana telah dikatakan di atas, Sungai Batang Kuantan yang terletak antara Kecamatan Hulu Kuantan di bagian hulu dan Kecamatan Cerenti di hilir, telah digunakan sebagai jalur pelayaran jalur sejak awal abad ke-17. Dan, di sungai ini pulalah perlombaan pacu jalur pertama kali dilakukan. Sedangkan, arena lomba pacu jalur bentuknya mengikuti aliran Sungai Batang Kuantan, dengan panjang lintasan sekitar 1 km yang ditandai dengan tiga tiang pancang.
pacu Jalur salah satu tujuan Wisata Riau, masuk agenda Kalender Wisata Nasional, bahkan dijual untuk pariwisata internasional dalam Visit Indoensia Year 2008 serta Visit Riau 2009. Pacu Jalur adalah perlombaan tradisional Kabupaten Kuantan Sengingi. Nama "Pacu Jalur" merupakan sebutan dari sampan panjang dengan nama Jalur, digunakan untuk berpacu atau berlomba.


3.Wisata Mandi Potang Balimau Kasai







Ada yang membuat beda Kabupaten Kampar dengan daerah lain, khususnya di Riau. Selain bahasanya yang unik-bahasa Ocu- di daerah ini ada sebuah tradisi sebelum memasuki bulan Puasa Ramadhan, yaitu Wisata Mandi Potang Balimau Kasai. Dalam bahasa Ocu, kata Potang tersebut memiliki beberapa makna, pertama artinya “kemarin”, dan arti yang kedua adalah sore atau senja. 
Sedangkan Balimau artinya menggunakan Limau atau jeruk - dalam hal ini jeruk nipis - yang telah iris dan direbus.
Jika diartikan, Mandi Potang Balimau adalah mandi yang dilakukan oleh masyarakat Kampar pada sore hari menjelang masuknya tanggal 1 Ramadhan, dengan menggunakan limau. Mandi Potang Balimau ini dilakukan di tepian sungai Kampar-sebuah sungai terpanjang di Riau- dengan airnya yang jernih. Ada juga yang menyebutkan mandi balimau dengan sebutan mandi Balimau Kasai. Selain di Sungai Kampar, ada juga masyarakat yang melakukannya di rumah-rumah sendiri. jika ingin mandi di sungai ini, jangan pernah bergabung dengan para wanita, karena antara ‘topian” (tempat mandi) laki-laki dengan perempuan ada tempat khusus, yaitu antara tempat lak-laki dengan perempuan berjarak sekitar 20 meter dan selang-seling. Dalam Mandi Balimau Kasai pada awalnya tidak dilakukan secara bercampur antara laki-laki dengan perempuan, akan tetapi akhir-akhir ini hal tersebut sudah tidak diindahkan lagi.

4. Wisata Kebun Binatang Kasang Kulim




 

Lokasi Kebun Binatang Kasang Kulim ini sebenarnya tak begitu jauh Tepatnya berlokasi di daerah Kubang Raya, Kec Siak Hulu.  kita bisa lewat dari Jalan Kubang Raya dari arah Panam, Tapi juga  kita bisa melewati Jl. Kaharudin Nasution, Tarif masuk ke kebun binatang ini sebesar Rp 16ribu untuk dewasa, parkir motor Rp 5ribu (tempat parkir sangat seadanya, ada baiknya pakai kunci ganda). Dengan lahan yang luas, sekitar 17ha, di kebun binatang ini selain ada koleksi binatang, juga ada tempat berenang/waterboom kecil2an. Lahan hijau pun luas membentang dimanfaatkan masyarakat untuk lesehan menggelar tikar sambil menyantap makanan bersama keluarga.Koleksi hewan di sini hanya sekitar belasan hewan ya. Beberapa diantaranya yang bisa saya ingat ialah: Rusa Bawean, Orang Utan, Gajah, Burung2, Kuda Nil, Beruang, Kera, Ular, Monyet, apalagi yaa,,,yuk,,mari berkunjung ke kebun binatang Kasang Kulim yang hanya satu2nya di Riau ini.


5.Wisata Rekreasi Danau Buatan Pekanbaru



Wisata Danau Buatan pekanbaru merupakan salah satu tempat wisata Pekanbaru yang bernuansa alami. Tujuan wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Rumbai Pekanbaru, Riau. Limbungan adalah danau buatan berupa bendungan irigasi terletak kurang lebih 10 kilometer dari kota Pekanbaru.Pemandangan alam sekitar Danau Buatan  ini memiliki panorama yang indah, sejuk, nyaman dan bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan, memungkinkan dikembangkan sebagai tempat atraksi wisata tirta seperti berenang, memancing, bersepeda air dan lain-lain. Saat ini banyak sekali investor tertarik ingin menanamkan modal mereka di danau ini.Saat ini objek wisata Riau ini sedang direnovasi dengan biaya jutaan dollar guna diubah menjadi lokasi tujuan Wisata andalan Riau. Semoga lokasi Wisata Riau ini benar-benar menjadi objek Wisata Riau yang paling diminati.

6.. Wisata Taman Putri Kaca Mayang

 
 
 Taman Ria Putri Kaca Mayang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru tepatnya berada didepan Kantor Walikota Kota Pekanbaru. Taman Puteri Kaca Mayang ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang berada di jantung Kota Pekanbaru,sehingga mudah dicapai dengan transportasi umum yang ada.Bagi anak-anak arena ini cukup menarik perhatian karena di tempat ini mereka dapat menggunakan berbagai fasilitas hiburan yang tersedia seperti kolam renang, komedi putar, bombom car dan masih banyak lagi permainan lainnya yang tentunya menyenangkan dan mengasyikkan. Pada hari libur tempat ini selalu dipadati pengunjung yang datang baik dari Kota Pekanbaru sendiri maupun dari luar daerah.

7. Obyek Wisata Riau, Istana Siak Sri Indrapura







Istana megah yang dahulu menjadi pusat pemerintahan melayu, dibangun pada masa pemerintaan sultan  syarif kasim II yang merupakan sultan ke 12 kesultanan siak, setidaknya istana ini telah merentang zaman lebih dari 1 abad tepatnya dibangun pada tahun 1889, untuk kesultanan siak sendiri adalah pecahan dari kerajaan islam pagaruyung yang didirikan oleh sultan raja kecik atau raja kecil tahun 1723 dimana telah mengalami penurunan tahta sebanyak 4 kali yaitu dari raja kecil, rajah yahya, sultan sayyid ali dan sultan syarif kasim II, seiring kemerdekaan bangsa indonesia, sultan syarif kasim II menyatakan diri sebagai bagian dari kesatuan republik indonesia, dan dirinya sendiri berjasa besar dalam perjuangan kemerdekaan indonesia dimana diantaranya membujuk raja raja di sumatera bagian timur untuk bergabung sebagai bagian dari indonesia, ia juga menyumbangkan sebagian hartanya kepada republik ini.
Sultan syarif kasim II sendiri bertahta sejak 1915 -1946 serta beliau wafat pada usia 74 tahun, tepatnya tanggal 23 april 1968 rumbai, pekanbaru, menapak tilas kerajaan melayu riau yang berjaya dimasanya, dapat anda temui dari berbagai peinggalan dan penggalan cerita di istana siak, istana ini takhanya saksi bisu berjayanya kesutanan siak pada masa itu, tetapi mumbuhkan kecintaan terhadap bangsa ini dari sejarah dan perjuangan raja raja kesultanan siak.Dari pekanbaru sendiri wisatawan akan menempuh kurang lebih 4 jam untuk sampai kecamatan siak, untuk alamat dari istana siak sri indrapura, berada dijalan jalan sultan syarif kasim, siak, karena lokasinya berada dekat di tepian sungai siak, menuju lokasi istana dapat menggunakan jalur darat dan sungai dari pekanbaru. Atau bisa download disini.



demikian sedikit informasi tentang tempat wisata di pekanbaru,riau.semoga bermanfaat untuk semua dan semoga semuanya tetap dalam lindungan allah SWT  ...
asalamualaikum Wr.Wb...

2 komentar: